Rabu, 08 Juni 2016



MATERI SIMULASI DIGITAL

Kelas : X
  
Assalamualaikum Wr.Wb.


Sebelumnya saya ingin minta maaf karena postingan saya kali ini tidak ada hubungannya dengan psikologi,ini saya buat untuk tugas mata pelajaran Simulasi Digital di kelas saya hahaha maklum masih sekolah :v setidaknya masih bisa memberi manfaat :,)
oke langsung saja ke materinya...

Microsoft Acces

Basis data terdiri dari 2 kata, yaitu basis dan data. Basis adalah markas/gudang, tempat bersarang atau berkumpul, sedangkan data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan) dll.
Basis data dapat didefinisikan dari beberapa sudut pandang:
           Himpunan kelompok data (arsip) yang saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali secara cepat dan mudah.
           Kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundansi) yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
           Kumpulan file/tabel/arsip yang saling berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.

Tujuan Basis Data
1. Kecepatan dan Kemudahan (Speed)
2. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space)
3. Keakuratan (Accuracy)
4. Ketersediaan (Availability)
5. Kelengkapan (Completeness)
6. Keamanan (Security)
7. Kebersamaan Pemakaian (Sharebility)




TIPS DAN TRIK MICROSOFT WORD PART 1

Banyak laporan praktikum, makalah, tugas, penelitian, proposal, duuuh… banyak ketikan! Kadang-kadang hal kaya gini bisa bikin kita stress sendiri, apalagi mahasiswa. Padahal orang-orang pinter di luar sana udah cape-cape bikin yang namanya komputer. Tinggal gimana kita bisa mengoptimasikan Microsoft Word supaya hal-hal seperti di atas ga bikin stress. Banyak orang yang mengetik hanya dengan mengandalkan kemampuan jarinya. Syukur kalo bisa 10 jari, kalo cuman 11 jari (telunjuk kanan+kiri) gimana? Sebetulnya Microsoft Word udah menyediakan fitur-fitur yang bisa bikin kita lebih cepat lagi dalam mengetik, termasuk penggunaan shortcut. Intinya untuk lebih cepat dalam mengetik, usahakan jangan lepasin tangan dari keyboard. Artinya usahakan sedikit mungkin memanfaatkan mouse. Karena perpindahan tangan itu cukup memakan waktu dan memaksa kita untuk berkonsentrasi lagi saat tangan kembali ke keyboard. Ketik dulu baru format Bagi anda yang belum lihai dengan format-memformat lebih baik ketik dulu tulisan anda sampai selesai baru setelah itu memikirkan formatnya. Karena biasanya memformat pada saat mengetik membutuhkan waktu untuk memikirkan formatnya sehingga ketikan kita menjadi lebih lambat selesai. Lagi pula bila diformat pada saat mengetik, nanti pada saat selesai cenderung ingin mengubah kembali. Mubazir khan kerja 2 kali….

Membesarkan atau mengecilkan ukuran font Dari pada capek-capek ganti lewat toolbar, cukup blok aja pake tombol Shift+tombol arah yang mau di ubah, trus tinggal pencet short cut Ctrl+> (membesarkan) danCtrl+< (mengecilkan).
Menghilangkan “garis merah” Pada waktu Microsoft Word di Install biasanya setiap ketikan kita dibawahnya muncul garis merah bergelombang. Hal ini dikarenakan bahasa yang default terinstall pada Microsoft Word adalah bahasa English (U.S). Dan Microsoft Word memiliki semacam kamus bahasa tersebut dalam programnya. Jadi bila ada kata yang tidak terdapat dalam kamus tersebut Microsoft Word akan memberi tanda garis merah bergelombang itu. Cara menghilangkannya yaitu dengan memilih Tools > Option. Pada tab Spelling and Grammar hilangkan tanda check pada pilihan Check spelling as you type. Klik OK.
Mengganti Case kadang kita lupa nulis singkatan seperti abri, tni, rri, ga pake huruf besar. Trus masak harus dihapus dulu trus di ketik lagi? Ga efisien tuh. Tinggal di blok aja, trus pencet Shift+F3. Awal Dipencet sekali Dipencet 2 kali percobaan Percobaan PERCOBAAN
Menggunakan Style Masih banyak pengguna Microsoft Word yang belum menggunakan style dalam mengetik, mungkin karena memang jarang dibahas pada buku-buku atau modul praktikum. Padahal bila tidak memanfaatkan style kita akan sering memformat satu –persatu yang tentunya akan sangat merepotkan. Style adalah gabungan beberapa format,semacam template dari format. Misalnya format ukuran huruf 24pt, Centered, Times New Roman, diberi nama style Title. Dengan menggunakan style, kita bias menerapkan format yang sama tanpa harus memformat satu-persatu. Setiap huruf yang diketikkan pada Microsoft Word memiliki style, style yang default adalah Normal. Bila belum diubah, style normal adalah format font Times New Roman, 12pt, rata kiri, spasi 1, tanpa indentasi. Style dapat diakses dari toolbar seperti gambar di atas, atau dari emnu Format > Styles and Formatting. Mari kita lakukan percobaan: Buat dokumen baru, ketik “Ini menggunakan Style 1”, kemudian format tulisan tersebut dengan font Comic Sans, 18 pt, Italic, rata kiri. Ubah nama style pada tool bar Style 1. Tekan ENTER untuk pindah ke baris baru, kemudian ketik “Ini menggunakan style 2” dengan format font Monotype Corsiva, 12 pt, bold, centered, underlined. Kemudian ganti style menjadi Style 2. Tekan ENTER lagi, kemudian set style ke Normal. Ketik “Ini yang Normal” Tekan ENTER, set style pada toolbar style cari Style 1 yang tadi dibuat. Ketik “Ini Style 1 lagi” Tekan ENTER, set style menjadi Style 2. Ketik “Ini style 2 lagi”. Untuk lebih memudahkan kita dapat memodifikasi, misalnya kita ingin setelah Style 1 kemudian ditekan ENTER pada baris yang baru langsung diset Style 2. Caranya pada menu klik Format > Styles and Formating. Maka akan muncul kotak Styles and Formating padam sebelah kanan dokumen. Pada tulisan Style 1 klik kanan dan pilih Modify, akan muncul kotak Modify Style. Pada pilihan Style for folowing paragraph pilih Style 2.

Mengenal istilah dalam komputer

Grafik Vektor             : Suatu format gambar yang disusun berdasarkan perhitungan vektor dengan tujuan meminimalisasi penggunaan tempat penyimpanan data.
Bitmap                        : Grafik komputer yang terdiri atas deretan titik-titik yang disebut piksel.
Resolusi                       : Hitungan piksel untuk menentukan kepekaan (kehalusan) monitor atau printer dalam menampilkan output.
Raster                          : istilah lain dari bitmap
CAD                           : Computer Aided Design, perancangan dengan bantuan komputer.
Corel                           : Singkatan dari Cowpland Research Laboratory, sebuah perusahaan software di canada.
Drop Shadow              : Efek bayangan
Extrude                       : Pemberian efek 3 dimensi
Publish                        : Mempublikasikan
Adobe Photoshop       : Perangkat lunak aplikasi grafis yang mengolah data dan gambar untuk keperluan percetakan dan desain grafis
Brush                           : Memberikan sapuan warna tertentu menggunakan kuas
Button                                     : Visualisasi tombol yang terlihat di monitor
Clone                           : Membuat tiruan
Color Depth                : Jumlah bit yang mempresentasikan warna dalam suatu kamera, printer atau tampilan gambar
Compresed                  : Kompresi, hasil pemadatan
Dpi                              : Dots per inchi, jumlah titik per inchi, merupakan ukuran resolusi printer atau monitor video berdasarkan kepadatan titik. Semakin tinggi nilainya, semakin tajam hasilnya
Drag and drop             : Teknik untuk memindahkan item-item tertentu di layar monitor dengan menggunakan mouse
Image Processing        : pemrosesan citra. Penangkapan suatu citra hingga manipulasi citra tersebut agar diperoleh citra yang lebih jelas atau lebih bagus kualitasnya
Layer                           : Lapisan, dalam photoshop mnentukan urutan lapisan berisi objek teks, bitmap, ataupun vektor shape
OHP                            : Overhead projector
Bookmark                   : sebuah tanda yang dapat menjadi tujuan suatu hyperlink
Durasi                          : Waktu yang menyatakan lamanya suatu peristiwa
Hyperlink                    : pautan, objek atau teks yang menyimpan informasi berupa alamat tertentu yang aktif jika di klik.
Link                             : Terhubungnya suatu objek dengan objek lain
Online                         : Terhubung ke dalam jaringan
Password                     : kata sandi, kode rahasia
Protokol                      : Yang menspesifikasikan secara detail bagaimana komputer berinteraksi termasuk di dalamnya format pesan yang mereka tukar dan bagaimana kesalahan ditangani
Provider                      : Perusahaan yang menyediakan layanan atau jasa

Tips dan Trik MicrosoftWord Part2

Memindahkan kursor dengan tombol sakti

Untuk memindahkan kursor ke suatu kata baris, atau halaman tertentu masih banyak orang-orang awam menggunakan tombol panah. Hal ini tentu saja akan memperlambat kerja kita.Adacara yang lebih efektif, yaitu dengan menggunakan tombol sakti CTRL.

Untuk pindah halaman lebih cepat jika menggunakan shortcut CRTL+ Page Down / Page Up. Untuk ke awal halaman, dapat dengan menggunakan shortcut CTRL+Home, untuk ke akhir halaman shortcutnya CTRL+End. Untuk memindahkan kursor setiap kata dapat menggunakan tombol CTRL+tombol panah. Sedangkan untuk menuju ke awal baris cukup menekan tombol Home, dan untuk ke akhir baris cukup dengan tombol End. Tentunya dengan cara ini pindah-pindah kursor akan lebih cepat.

 Memblock lebih cepat

Untuk memformat tulisan kadang kita perlu mem-blok dahulu tulisan yang hendak di blok. Kebanyakan orang masih menggunakan cara lama yaitu dengan tombol shift+tombol arah. Atau menggunakan mouse dengan mem-blok sedikit-demi-sedikit.

Dengan Keyboard

Bila ingin memblok suatu baris, tidak perlu sedikit-demi-sedikit. Cukup letakkan kursor diawal baris, kemudian tekan tombol SHIFT+tombol panah bawah. Kita dapat memblok lebih cepat dengan bantuan tombol sakti CRTL. Caranya tekan CTRL +SHIFT jangan dilepas sambil menggerakkan tombol panah, maka blok akan dilakukan perkata.

Kalo memblok banyak halaman menggunakan tombol SHIFT+PAGE DOWN

Untuk memblok seluruh dokumen cukup pencet Ctrl+A.

Dengan Mouse

Untuk memblok baris cukup letakkan pointer mouse pada sebelah kiri baris tapi diluar daerah ketikan, kemudian tinggal klik kiri sekali aja.

Untuk memblok satu paragraf klik 3 kali pada paragraf tersebut.

 Memanfaatkan AutoCorrect

Setiap orang memiliki kebiasaan buruk dalam mengetik, seperti saya misalnya seting mengetik “utnuk” padahal pengennya “untuk”. Entah kenapa kebiasaan ini sulit dihilangkan. AutoCorrect adalah fitur dari Ms Word untuk menyelesaikan masalah itu. Pada menu pilih Tools > AutoCorrect Option. Pada kotak Replace masukan kata-kata salah yang sering kita ketik, pada kotak With masukkan kata yang benar.Klik Add.

AutoCorrect juga dapat dimanfaatkan sebagai pembuat shortcut. Masukkan saja kata-kata yang sering kita pakai seperti “yg” untuk “yang”, “tm” untuk “terima kasih”, “Ass” untuk “Assalamua’laikum”, “kku” untuk “Koperasi KOPMA UGM”, dll. Mari kita coba, masukkan pada AutoCorrect Option dengan cara seperti diatas pada kotak Replace masukkan “tm” dan pada kotak With masukkan “terima kasih”. Klik Add. Ketik “tm” lalu tekan spasi. Apa yang terjadi?



Membuat titik-titik

Saat membuat formulir, soal, questioner, dll biasanya terdapat titik-titik didalamnya. Misalnya :

Nama : ……………………………………………………………………………………………….

Alamat : ……………………………………………………………………………………………….

Nah, apakah untuk membuatnya kita harus menekan tombol titik berulang-ulang? Wah menjengkelkan sekali! Dalam membuatnya kita memanfaatkan yang namanya tab stop.

Tab stop adalah tempat dimana kursor akan berhenti saat kita menekan tombol TAB. Jadi cara membuatnya adalah cukup dengan mengklik sekali pada ruler (penggaris). Seperti pada contoh diatas, dibuat 3 tab stop, yaitu pada tempat dimana kita hendak menulis “:”, pada awal titik-titik, dan pada akhir titik-titik. Untuk membuat tab stop yang terakhir agak beda caranya, yaitu dengan mengklik 2 kali pada ruler, maka akan muncul kotak Tabs. Akan terlihat posisi dimana saja kita membuat tab stop. Klik pada tab stop yang paling terakhir, kemudian pada pilihan leader pilih no 2 untuk membuat titik-titik. Klik Set, kemudian OK.

Selanjutnya tinggal ketik “Nama”, trus tekan TAB, ketik “:”, tekan TAB.

 Membelah Jendela

Seringkali pada beberapa jenis tulisan dalam mengetiknya sesuatu kita harus melihat acuan ke halaman sebelumnya. Kalo halaman itu letaknya jauh apakah kita harus bolak-balik dengan tombol page down/page up ? Cukup ‘belah’ jendela Ms Word ! Caranya pilih Windows > Split. Tentukan ukuran ‘pembelahan’ sesuka kita lalu klik sekali. Maka akan ada 2 jendela Ms Word untuk dokumen yang sama. Jadi gampang deh…

 Mencetak langsung terurut

Seringkali setelah kita mencetak dokumen yang banyaknya belasan atau puluhan halaman, kita harus mengurutkan kembali urutannya. Karena defaultnya Ms Word akan mencetak dari halaman pertama, maka halaman yang nanti berada paling atas setelah selesai dicetak adalah halaman terkahir! Yang dapat kita lakukan adalah dengan memilih Tools > Option, pada tab Print beri tanda check pada pilihan Reverse print order. Klik OK. Maka Ms. Word akan mencetak dari halaman terakhir dan dokumen kita akan otomatis terurut.

Belajar Kelas Maya Dengan Edmodo

Edmodo merupakan salah satu dari Social Learning Network (SLN) yang memiliki fungsi utama berbagi pakai (sharing) sumber belajar, interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa serta antar siswa, dan evaluasi belajar siswa secara daring.

Setelah semua kolom/baris telah diisi, silakan pilih tombol “Sign up” sehingga pendaftarandiproses. Setelah proses pendaftaran selesai, Anda akan menemukan beranda untuk siswa seperti gambar berikut:

Home atau Beranda.
Progress: klik untuk melihat kemajuan Anda dalam penugasan/ujian.
Backpack: klik untuk membaca materi atau media lain yang membantu Anda belajar.
Pencarian: Anda dapat melakukan pencarian terhadap posts, groups, user, dst.
Notifications atau pemberitahuan.
Me: Klik untuk mengatur profil Anda, setting, help, dan logout.
Akun user atau siswa, sama dengan menu Me.
Groups: Anda dapat melihat atau menambahkan groups pada form tersebut.
Parent Code merupakan kode yang nantinya akan diberikan kepada orang tua.
Pada fitur note, Anda dapat menulis hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran dan akandilihat oleh kawan sekelas Anda.

Pengertian Email

Pengertian Email Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
kelebihan penggunaan email Nyaman Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya. Global E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara. KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL Salah kirim Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan. Rawan penyadapan Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia. Pemalsuan identitas Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya. Kebanjiran e-mail Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus. Sampah e-mail Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan. Respon terlambat Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
Sejarah email Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.

Pengertian Scanner dan Penemunya

Scanner adalah salah satu peripheral komputer yang cukup banyak digunakan di berbagai instansi misalnya perkantoran, sekolah, laboratorium, kantor pemerintah, dan instansi lainnya baik pemerintah maupun swasta. Beberapa pekerjaan dapat kita lakukan dengan menggunakan scanner yang dalam Indonesia dapat disebut sebagai alat pemindai.alat ini cukup mudah digunakan dan praktis sehingga memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan. Apa sebenarnya yang disebut dengan scanner, bagaimana cara dan apa saja jenisnya ?
Scanner adalah Suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. Scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu, digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto, tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer.
Sejarah Scanner
Sejarah perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk teks.
Dari awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju. Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film negatif.
Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.
Penemuan scanner sangat terkait dengan perkembangan teknologi photography,fotokopi dan optical machine. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley lahir di Newyork, Amerika Serikat pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).

MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT

Perkembangan teknologi semakin hari semakin memudahkan kehidupan manusia, waktu dan jarak seperti tidak lagi menjadi penghalang seseorang untuk belajar. Tetapi pemanfaatan perkembangan teknologi ini sepertinya belum begitu maksimal terutama bagi para guru. Dewasa ini komputer sejenis desktop atau pun laptop sudah semakin banyak bertebaran dihampir setiap sekolah dan hampir setiap guru dapat mengoperasikan komputer. Media pembelajaran adalah salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk menyampaikan materi-materi pelajarannya dikelas dengan memanfaatkan komputer yang ada. Berikut ini langkah-langkah yang dapat dibuat acuan untuk membuat multimedia pembelajaran di kelas.
Seiring dengan perkembangan zaman, Teknologi komunikasi di Indonesia selalu berjalan dari masa ke masa. Sebagai Negara yang sedang berkembang, selalu mengadopsi berbagai teknologi informasi hingga akhirnya tiba di suatu masa di mana penggunaan Teknologi informasi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam keidupan sehari-hari, hal ini dapat kita jumpai di kantor, sekolah dan lain-lain.
Dengan kondisi seperti sekarang ini, belajar seharusnya bukan lagi merupakan suatu hal yang membosankan, seperti beberapa dekade yang lalu. Berkat perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat, bahan ajar dapat disajikan dengan suara dan gambar yang dinamis, tidak membosankan, serta padat informasi.
Paradigma lainnya adalah perubahan dalam konteks pusat pembelajaran. Apabila dahulu, guru merupakan pusat pembelajaran (Teacher Centric), kini bergeser menjadi murid sebagai pusat pembelajaran (Learner Centric).
Presentasi Power Point adalah bentuk yang paling sederhana dan paling mudah dan paling praktis sehingga paling banyak dipergunakan oleh kebanyakan pembicara, baik pembicara seminar, workshop, dan juga guru di kelas. Hendaknya, setiap guru paling tidak mempunyai kemampuan untuk membuat materi ajar dalam bentuk presentasi Power Point. Meskipun paling sederhana, Power Point memberikan fasilitas yang cukup hebat untuk membuat media ajar.
Fitur powerpoint juga di lengkapi dengan fasilitas penggunaan Foto, Vidio, Audio, Animasi teks dan tombol interaktif yang dapat memberikan efek interaksi antara penyaji dan peserta didik, sehingga mempermudah guru dalam proses belajar mengajar.

1.Proses produksi
Preses produksi Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint antara lain :
a.Menyiapkan bahan ajar/materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai, sehingga media ini nantinya dapan di gunakan secara efektif dalam proses belajar mengajar.
b.Menyiapkan bahan pendukung, seperti Gambar/ foto, Video, Musik dan tombol-tombol interaksi yang dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
c.Tahap terakhir adalah pembuatan media dengan menggunakan Microsoft Powerpoint dengan menggunakan fitur-fitur yang menarik dan interaktif.

2.Penggunaan dalam proses belajar mengajar
Penggunaan Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint dalam proses belajar mengajar menggunakan beberapa metode yang di rasa cocok dengan karakter media ini, yaitu Ceramah plus dan demonstrasi. Penarepan media berbasis IT ini dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :
a.Diterapkan secara offline
Penerapan Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint secara offline bisa dilakukan dengan menggunakan LCD dengan ketentuan sekolah memiliki perangkat seperti LCD Proyektor dan PC/Notebook.
b.Diterapan secara online
Penerapan Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint secara online bisa dilakukan dengan memberikan link pada web/ blog yang dimiliki olah guru. Sisa bisa membuka dan mendownload media tersebut.

3.Manfaat
Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
a.Menumbuhkan kreatifitas guru dan siswa
b.Pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan ekonomis karena bisa dibuat dan di kembangkan sendiri oleh guru.
c.Bagi siswa bisa meningkatkan motivasi dalam menangkap/ menyerap materi pelajaran.

MATERI POKOK :BUKU DIGITAL

Pengertian Buku Digital
Buku digital atau buku elektronik, disingkat e-book, atau ebook, adalah bentuk digital dari buku cetak. Buku cetak pada umumnya terdiri atas setumpuk kertas dijilid yang berisi teks atau teks dan atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, video, yang dapat dibaca di komputer, laptop, tablet, atau smartphone.

Fungsi dan Tujuan Buku Digital
a.    Fungsi
1)    Sebagai salah satu alternatif media belajar.
Berbeda dengan buku cetak, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
2)    Sebagai media berbagi informasi.
Buku digital dapat disebarluaskan dengan lebih mudah dibandingkan dengan buku cetak, baik melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital yang lain. Seseorang dengan mudah dapat menjadi pengarang serta penerbit dari buku yang dibuat sendiri.
b.    Tujuan
Ada beberapa tujuan pengembangan buku digital:
1)      Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk berbagi informasi dengan lebih mudah, dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu mendatangi penerbit untuk menerbitkan bukunya, cukup mendatangi salah satu situs penerbit digital dan memberikan bukunya secara mandiri.
2)      Melindungi informasi yang disampaikan.
Berbeda dengan buku fisik yang dapat rusak, basah maupun hilang, buku digital berupa data di komputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Walaupun data tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari internet maupun meminta kembali pada pembuat buku.
3)      Mempermudah proses memahami materi ajar.
Dalam perangkat lunak buku digital, Anda dapat memberikan catatan tertentu pada materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi, file multimedia yang dapat langsung dimainkan untuk memperkaya konten buku sehingga membantu memahami materi ajar dengan lebih baik dan cepat.

Jenis Format Buku Digital
Berikut beberapa format yang tersedia untuk buku dalam format digital
      MOBI – Format MobiPocket, ditampilkan menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat mengkonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format mobipocket juga.
      PDF - Portable Document Format yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Format ini secara tidak langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen.
      HTML - Hyper Text Markup Language adalah tulang punggung dari World Wide Web. Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yang pada dasarnya gaya utama panduan untuk halaman HTML.

Pemformatan Buku Digital
Aplikasi yang digunakan untuk menyusun buku digital dengan format ePub adalah:
         aplikasi pengolah kata yaitu Libre Office atau MS Office;
         aplikasi pengolah gambar yaitu GIMP atau Adobe Photoshop;
         aplikasi audio editor yaitu Audacity/format factory;
         aplikasi video editor yaitu Avidemux/format factory;
         aplikasi ePub editor yaitu Sigil.

Aplikasi Alat Baca Buku Digital
a.    Komputer/laptop
b.    Tablet dan Smartphone
c.    Telepon Seluler
Sebelum diformat, bahan ajar dalam bentuk dokumen harus terlebihdahulu disesuaikan formatnya dengan cara melakukan beberapa pengaturan
a. Mengatur Gambar
Gambar perlu diatur sehingga tampil dengan baik. Format gambar sebaiknya dalam tipe JPEG
b. Mengatur Audio
Format file audio yang dapat digunakan untuk buku digital adalah mp3 ,wav, ogg.
Untuk mengubah format file selain mp3 menjadi format mp3 dapat menggunakan perangkat lunak formatfactory
c. Mengatur Video. Format video yang didukung adalah mp4

Nama-Nama Penerbit Buku Digital
Toko buku daring yang dapat digunakan untuk mengunggah buku digital
a. nulis buku : http://nulisbuku.com
b. qbaca : http://qbaca.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Cari Blog Ini

Blogger templates

Kalender

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Assalamualaikum... Selamat datang di blog aku yang masih banyak kekurangan ini hehe,semoga blog ini dapat memberi manfaat kepada kalian yang membacanya ya...,Syukron ;)

Copyright © All About Psikologi -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan

Batman Begins - Alternate Select