Rabu, 08 Juni 2016
MATERI SIMULASI DIGITAL
Kelas : X
Assalamualaikum Wr.Wb.
Sebelumnya saya ingin minta maaf karena postingan saya kali ini tidak ada hubungannya dengan psikologi,ini saya buat untuk tugas mata pelajaran Simulasi Digital di kelas saya hahaha maklum masih sekolah :v setidaknya masih bisa memberi manfaat :,)
oke langsung saja ke materinya...
oke langsung saja ke materinya...
Microsoft Acces
Basis
data terdiri dari 2 kata, yaitu basis dan data. Basis adalah markas/gudang,
tempat bersarang atau berkumpul, sedangkan data adalah representasi fakta dunia
nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli,
pelanggan) dll.
Basis
data dapat didefinisikan dari beberapa sudut pandang:
• Himpunan kelompok data (arsip) yang
saling berhubungan yang diorganisasi sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan
kembali secara cepat dan mudah.
• Kumpulan data yang saling berhubungan
yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundansi)
yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
• Kumpulan file/tabel/arsip yang saling
berhubungan yang disimpan dalam media penyimpanan elektronis.
Tujuan
Basis Data
1.
Kecepatan dan Kemudahan (Speed)
2.
Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space)
3.
Keakuratan (Accuracy)
4.
Ketersediaan (Availability)
5.
Kelengkapan (Completeness)
6.
Keamanan (Security)
7.
Kebersamaan Pemakaian (Sharebility)
TIPS DAN TRIK MICROSOFT WORD PART 1
Banyak
laporan praktikum, makalah, tugas, penelitian, proposal, duuuh… banyak ketikan!
Kadang-kadang hal kaya gini bisa bikin kita stress sendiri, apalagi mahasiswa.
Padahal orang-orang pinter di luar sana udah cape-cape bikin yang namanya
komputer. Tinggal gimana kita bisa mengoptimasikan Microsoft Word supaya
hal-hal seperti di atas ga bikin stress. Banyak orang yang mengetik hanya
dengan mengandalkan kemampuan jarinya. Syukur kalo bisa 10 jari, kalo cuman 11
jari (telunjuk kanan+kiri) gimana? Sebetulnya Microsoft Word udah menyediakan
fitur-fitur yang bisa bikin kita lebih cepat lagi dalam mengetik, termasuk
penggunaan shortcut. Intinya untuk lebih cepat dalam mengetik, usahakan jangan
lepasin tangan dari keyboard. Artinya usahakan sedikit mungkin memanfaatkan
mouse. Karena perpindahan tangan itu cukup memakan waktu dan memaksa kita untuk
berkonsentrasi lagi saat tangan kembali ke keyboard. Ketik dulu baru format
Bagi anda yang belum lihai dengan format-memformat lebih baik ketik dulu
tulisan anda sampai selesai baru setelah itu memikirkan formatnya. Karena
biasanya memformat pada saat mengetik membutuhkan waktu untuk memikirkan
formatnya sehingga ketikan kita menjadi lebih lambat selesai. Lagi pula bila
diformat pada saat mengetik, nanti pada saat selesai cenderung ingin mengubah
kembali. Mubazir khan kerja 2 kali….
Membesarkan
atau mengecilkan ukuran font Dari pada capek-capek ganti lewat toolbar, cukup
blok aja pake tombol Shift+tombol arah yang mau di ubah, trus tinggal pencet
short cut Ctrl+> (membesarkan) danCtrl+< (mengecilkan).
Menghilangkan
“garis merah” Pada waktu Microsoft Word di Install biasanya setiap ketikan kita
dibawahnya muncul garis merah bergelombang. Hal ini dikarenakan bahasa yang
default terinstall pada Microsoft Word adalah bahasa English (U.S). Dan
Microsoft Word memiliki semacam kamus bahasa tersebut dalam programnya. Jadi
bila ada kata yang tidak terdapat dalam kamus tersebut Microsoft Word akan
memberi tanda garis merah bergelombang itu. Cara menghilangkannya yaitu dengan
memilih Tools > Option. Pada tab Spelling and Grammar hilangkan tanda check
pada pilihan Check spelling as you type. Klik OK.
Mengganti
Case kadang kita lupa nulis singkatan seperti abri, tni, rri, ga pake huruf
besar. Trus masak harus dihapus dulu trus di ketik lagi? Ga efisien tuh.
Tinggal di blok aja, trus pencet Shift+F3. Awal Dipencet sekali Dipencet 2 kali
percobaan
Percobaan
PERCOBAAN
Menggunakan
Style Masih banyak pengguna Microsoft Word yang belum menggunakan style dalam
mengetik, mungkin karena memang jarang dibahas pada buku-buku atau modul
praktikum. Padahal bila tidak memanfaatkan style kita akan sering memformat
satu –persatu yang tentunya akan sangat merepotkan. Style adalah gabungan
beberapa format,semacam template dari format. Misalnya format ukuran huruf
24pt, Centered, Times New Roman, diberi nama style Title. Dengan menggunakan
style, kita bias menerapkan format yang sama tanpa harus memformat
satu-persatu. Setiap huruf yang diketikkan pada Microsoft Word memiliki style,
style yang default adalah Normal. Bila belum diubah, style normal adalah format
font Times New Roman, 12pt, rata kiri, spasi 1, tanpa indentasi. Style dapat
diakses dari toolbar seperti gambar di atas, atau dari emnu Format > Styles
and Formatting. Mari kita lakukan percobaan: Buat dokumen baru, ketik “Ini
menggunakan Style 1”, kemudian format tulisan tersebut dengan font Comic Sans,
18 pt, Italic, rata kiri. Ubah nama style pada tool bar Style 1. Tekan ENTER
untuk pindah ke baris baru, kemudian ketik “Ini menggunakan style 2” dengan
format font Monotype Corsiva, 12 pt, bold, centered, underlined. Kemudian ganti
style menjadi Style 2. Tekan ENTER lagi, kemudian set style ke Normal. Ketik
“Ini yang Normal” Tekan ENTER, set style pada toolbar style cari Style 1 yang
tadi dibuat. Ketik “Ini Style 1 lagi” Tekan ENTER, set style menjadi Style 2.
Ketik “Ini style 2 lagi”. Untuk lebih memudahkan kita dapat memodifikasi,
misalnya kita ingin setelah Style 1 kemudian ditekan ENTER pada baris yang baru
langsung diset Style 2. Caranya pada menu klik Format > Styles and
Formating. Maka akan muncul kotak Styles and Formating padam sebelah kanan
dokumen. Pada tulisan Style 1 klik kanan dan pilih Modify, akan muncul kotak
Modify Style. Pada pilihan Style for folowing paragraph pilih Style 2.
Mengenal
istilah dalam komputer
Grafik
Vektor : Suatu format gambar
yang disusun berdasarkan perhitungan vektor dengan tujuan meminimalisasi
penggunaan tempat penyimpanan data.
Bitmap
: Grafik komputer
yang terdiri atas deretan titik-titik yang disebut piksel.
Resolusi
: Hitungan piksel
untuk menentukan kepekaan (kehalusan) monitor atau printer dalam menampilkan
output.
Raster
: istilah lain
dari bitmap
CAD
: Computer Aided
Design, perancangan dengan bantuan komputer.
Corel
: Singkatan dari
Cowpland Research Laboratory, sebuah perusahaan software di canada.
Drop
Shadow : Efek bayangan
Extrude
: Pemberian efek 3
dimensi
Publish
: Mempublikasikan
Adobe
Photoshop : Perangkat lunak aplikasi
grafis yang mengolah data dan gambar untuk keperluan percetakan dan desain
grafis
Brush
: Memberikan
sapuan warna tertentu menggunakan kuas
Button
:
Visualisasi tombol yang terlihat di monitor
Clone
: Membuat tiruan
Color
Depth : Jumlah bit yang
mempresentasikan warna dalam suatu kamera, printer atau tampilan gambar
Compresed
: Kompresi, hasil
pemadatan
Dpi
: Dots per
inchi, jumlah titik per inchi, merupakan ukuran resolusi printer atau monitor
video berdasarkan kepadatan titik. Semakin tinggi nilainya, semakin tajam
hasilnya
Drag
and drop : Teknik untuk
memindahkan item-item tertentu di layar monitor dengan menggunakan mouse
Image
Processing : pemrosesan citra.
Penangkapan suatu citra hingga manipulasi citra tersebut agar diperoleh citra
yang lebih jelas atau lebih bagus kualitasnya
Layer
: Lapisan, dalam
photoshop mnentukan urutan lapisan berisi objek teks, bitmap, ataupun vektor
shape
OHP
: Overhead
projector
Bookmark : sebuah tanda yang dapat
menjadi tujuan suatu hyperlink
Durasi
: Waktu yang
menyatakan lamanya suatu peristiwa
Hyperlink
: pautan, objek atau
teks yang menyimpan informasi berupa alamat tertentu yang aktif jika di klik.
Link
: Terhubungnya
suatu objek dengan objek lain
Online
: Terhubung ke
dalam jaringan
Password
: kata sandi, kode
rahasia
Protokol
: Yang menspesifikasikan
secara detail bagaimana komputer berinteraksi termasuk di dalamnya format pesan
yang mereka tukar dan bagaimana kesalahan ditangani
Provider
: Perusahaan yang
menyediakan layanan atau jasa
Tips dan Trik MicrosoftWord Part2
Memindahkan
kursor dengan tombol sakti
Untuk
memindahkan kursor ke suatu kata baris, atau halaman tertentu masih banyak
orang-orang awam menggunakan tombol panah. Hal ini tentu saja akan memperlambat
kerja kita.Adacara yang lebih efektif, yaitu dengan menggunakan tombol sakti
CTRL.
Untuk
pindah halaman lebih cepat jika menggunakan shortcut CRTL+ Page Down / Page Up.
Untuk ke awal halaman, dapat dengan menggunakan shortcut CTRL+Home, untuk ke
akhir halaman shortcutnya CTRL+End. Untuk memindahkan kursor setiap kata dapat
menggunakan tombol CTRL+tombol panah. Sedangkan untuk menuju ke awal baris
cukup menekan tombol Home, dan untuk ke akhir baris cukup dengan tombol End.
Tentunya dengan cara ini pindah-pindah kursor akan lebih cepat.
Memblock lebih cepat
Untuk
memformat tulisan kadang kita perlu mem-blok dahulu tulisan yang hendak di
blok. Kebanyakan orang masih menggunakan cara lama yaitu dengan tombol
shift+tombol arah. Atau menggunakan mouse dengan mem-blok sedikit-demi-sedikit.
Dengan
Keyboard
Bila
ingin memblok suatu baris, tidak perlu sedikit-demi-sedikit. Cukup letakkan
kursor diawal baris, kemudian tekan tombol SHIFT+tombol panah bawah. Kita dapat
memblok lebih cepat dengan bantuan tombol sakti CRTL. Caranya tekan CTRL +SHIFT
jangan dilepas sambil menggerakkan tombol panah, maka blok akan dilakukan
perkata.
Kalo
memblok banyak halaman menggunakan tombol SHIFT+PAGE DOWN
Untuk
memblok seluruh dokumen cukup pencet Ctrl+A.
Dengan
Mouse
Untuk
memblok baris cukup letakkan pointer mouse pada sebelah kiri baris tapi diluar
daerah ketikan, kemudian tinggal klik kiri sekali aja.
Untuk
memblok satu paragraf klik 3 kali pada paragraf tersebut.
Memanfaatkan AutoCorrect
Setiap
orang memiliki kebiasaan buruk dalam mengetik, seperti saya misalnya seting
mengetik “utnuk” padahal pengennya “untuk”. Entah kenapa kebiasaan ini sulit
dihilangkan. AutoCorrect adalah fitur dari Ms Word untuk menyelesaikan masalah
itu. Pada menu pilih Tools > AutoCorrect Option. Pada kotak Replace masukan
kata-kata salah yang sering kita ketik, pada kotak With masukkan kata yang
benar.Klik Add.
AutoCorrect
juga dapat dimanfaatkan sebagai pembuat shortcut. Masukkan saja kata-kata yang
sering kita pakai seperti “yg” untuk “yang”, “tm” untuk “terima kasih”, “Ass”
untuk “Assalamua’laikum”, “kku” untuk “Koperasi KOPMA UGM”, dll. Mari kita
coba, masukkan pada AutoCorrect Option dengan cara seperti diatas pada kotak
Replace masukkan “tm” dan pada kotak With masukkan “terima kasih”. Klik Add.
Ketik “tm” lalu tekan spasi. Apa yang terjadi?
Membuat
titik-titik
Saat
membuat formulir, soal, questioner, dll biasanya terdapat titik-titik
didalamnya. Misalnya :
Nama
: ……………………………………………………………………………………………….
Alamat
: ……………………………………………………………………………………………….
Nah,
apakah untuk membuatnya kita harus menekan tombol titik berulang-ulang? Wah
menjengkelkan sekali! Dalam membuatnya kita memanfaatkan yang namanya tab stop.
Tab
stop adalah tempat dimana kursor akan berhenti saat kita menekan tombol TAB.
Jadi cara membuatnya adalah cukup dengan mengklik sekali pada ruler
(penggaris). Seperti pada contoh diatas, dibuat 3 tab stop, yaitu pada tempat
dimana kita hendak menulis “:”, pada awal titik-titik, dan pada akhir
titik-titik. Untuk membuat tab stop yang terakhir agak beda caranya, yaitu
dengan mengklik 2 kali pada ruler, maka akan muncul kotak Tabs. Akan terlihat
posisi dimana saja kita membuat tab stop. Klik pada tab stop yang paling
terakhir, kemudian pada pilihan leader pilih no 2 untuk membuat titik-titik.
Klik Set, kemudian OK.
Selanjutnya
tinggal ketik “Nama”, trus tekan TAB, ketik “:”, tekan TAB.
Membelah Jendela
Seringkali
pada beberapa jenis tulisan dalam mengetiknya sesuatu kita harus melihat acuan
ke halaman sebelumnya. Kalo halaman itu letaknya jauh apakah kita harus
bolak-balik dengan tombol page down/page up ? Cukup ‘belah’ jendela Ms Word !
Caranya pilih Windows > Split. Tentukan ukuran ‘pembelahan’ sesuka kita lalu
klik sekali. Maka akan ada 2 jendela Ms Word untuk dokumen yang sama. Jadi
gampang deh…
Mencetak langsung terurut
Seringkali
setelah kita mencetak dokumen yang banyaknya belasan atau puluhan halaman, kita
harus mengurutkan kembali urutannya. Karena defaultnya Ms Word akan mencetak
dari halaman pertama, maka halaman yang nanti berada paling atas setelah
selesai dicetak adalah halaman terkahir! Yang dapat kita lakukan adalah dengan
memilih Tools > Option, pada tab Print beri tanda check pada pilihan Reverse
print order. Klik OK. Maka Ms. Word akan mencetak dari halaman terakhir dan
dokumen kita akan otomatis terurut.
Belajar Kelas Maya Dengan Edmodo
Edmodo
merupakan salah satu dari Social Learning Network (SLN) yang memiliki fungsi
utama berbagi pakai (sharing) sumber belajar, interaksi dan komunikasi antara
guru dan siswa serta antar siswa, dan evaluasi belajar siswa secara daring.
Setelah
semua kolom/baris telah diisi, silakan pilih tombol “Sign up” sehingga
pendaftarandiproses. Setelah proses pendaftaran selesai, Anda akan menemukan
beranda untuk siswa seperti gambar berikut:
Home
atau Beranda.
Progress:
klik untuk melihat kemajuan Anda dalam penugasan/ujian.
Backpack:
klik untuk membaca materi atau media lain yang membantu Anda belajar.
Pencarian:
Anda dapat melakukan pencarian terhadap posts, groups, user, dst.
Notifications
atau pemberitahuan.
Me:
Klik untuk mengatur profil Anda, setting, help, dan logout.
Akun
user atau siswa, sama dengan menu Me.
Groups:
Anda dapat melihat atau menambahkan groups pada form tersebut.
Parent
Code merupakan kode yang nantinya akan diberikan kepada orang tua.
Pada
fitur note, Anda dapat menulis hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran dan
akandilihat oleh kawan sekelas Anda.
Pengertian Email
Pengertian
Email Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos
elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail
atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui
jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per
pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya
yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
kelebihan
penggunaan email Nyaman Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup
duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke
alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi
mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya dengan
hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Murah Biaya
pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat,
terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan
tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang
tidak sedikit mengeluarkan biaya. Global E-mail bisa digunakan oleh siapa saja,
di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru
dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang
kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks
(tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan
suara. KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL Salah kirim Bila sebuah e-mail yang berisi
dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut
disalahgunakan. Rawan penyadapan Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum
tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
Pemalsuan identitas Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan
mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya. Kebanjiran e-mail Hal ini bisa
terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus. Sampah
e-mail Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial
yang tidak kita harapkan. Respon terlambat Tidak semua orang membaca e-mail
setiap hari sehingga ada kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
Sejarah
email Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu
Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk
sebagai jaringan. Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray
Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat
itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan
Amerika.
Pengertian Scanner dan Penemunya
Scanner
adalah salah satu peripheral komputer yang cukup banyak digunakan di berbagai
instansi misalnya perkantoran, sekolah, laboratorium, kantor pemerintah, dan
instansi lainnya baik pemerintah maupun swasta. Beberapa pekerjaan dapat kita
lakukan dengan menggunakan scanner yang dalam Indonesia dapat disebut sebagai
alat pemindai.alat ini cukup mudah digunakan dan praktis sehingga memudahkan
kita dalam melakukan pekerjaan. Apa sebenarnya yang disebut dengan scanner,
bagaimana cara dan apa saja jenisnya ?
Scanner
adalah Suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin
fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya
ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan
dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat
disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar. Scanner merupakan suatu alat
yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen,
foto, gelombang, suhu, digunakan untuk mengambil citra cetakan (gambar, foto,
tulisan) untuk diolah atau ditampilkan melalui komputer.
Sejarah
Scanner
Sejarah
perkembangan scanner berawal pada tahun 1975, ketika Ray Kurzweil dan timnya
menciptakan Kurzweil Reading Machine beserta software Omni-Font OCR (Optical
Character Recognation) Technology. Software ini berfungsi mengenali teks yang
ada dalam objek yang discan dan menerjemahkannya menjadi data dalam bentuk
teks.
Dari
awal perkembangan itulah teknologi scanner berawal dan akhirnya terus
berkembang sampai saat ini dengan teknologi yang semakin lama semakin maju.
Kini scanner sudah dapat digunakan untuk menscan objek tiga dimensi dan film
negatif.
Bentuk
dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas
folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang
baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran
pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian
mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut
dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya
sekitar tiga ons. Scanner tersebut dapat melakukan pekerjaannya secara acak
lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
Data
yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua
aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.
Penemuan
scanner sangat terkait dengan perkembangan teknologi photography,fotokopi dan
optical machine. Penemu scanner adalah Robert S. Ledley lahir di Newyork,
Amerika Serikat pada tahun 1926. Hingga akhirnya pada tahun 1943 lahirlah CT
Scanner yang mampu memindai seluruh tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki.
Mesin temuannya itu di namakan Automatic Computerized Transverse Axial (ACTA).
MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DENGAN
MENGGUNAKAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT
Perkembangan
teknologi semakin hari semakin memudahkan kehidupan manusia, waktu dan jarak
seperti tidak lagi menjadi penghalang seseorang untuk belajar. Tetapi
pemanfaatan perkembangan teknologi ini sepertinya belum begitu maksimal
terutama bagi para guru. Dewasa ini komputer sejenis desktop atau pun laptop
sudah semakin banyak bertebaran dihampir setiap sekolah dan hampir setiap guru
dapat mengoperasikan komputer. Media pembelajaran adalah salah satu cara yang
dapat digunakan guru untuk menyampaikan materi-materi pelajarannya dikelas
dengan memanfaatkan komputer yang ada. Berikut ini langkah-langkah yang dapat
dibuat acuan untuk membuat multimedia pembelajaran di kelas.
Seiring
dengan perkembangan zaman, Teknologi komunikasi di Indonesia selalu berjalan
dari masa ke masa. Sebagai Negara yang sedang berkembang, selalu mengadopsi
berbagai teknologi informasi hingga akhirnya tiba di suatu masa di mana penggunaan
Teknologi informasi merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam keidupan
sehari-hari, hal ini dapat kita jumpai di kantor, sekolah dan lain-lain.
Dengan
kondisi seperti sekarang ini, belajar seharusnya bukan lagi merupakan suatu hal
yang membosankan, seperti beberapa dekade yang lalu. Berkat perkembangan
teknologi informasi yang sedemikian pesat, bahan ajar dapat disajikan dengan
suara dan gambar yang dinamis, tidak membosankan, serta padat informasi.
Paradigma
lainnya adalah perubahan dalam konteks pusat pembelajaran. Apabila dahulu, guru
merupakan pusat pembelajaran (Teacher Centric), kini bergeser menjadi murid
sebagai pusat pembelajaran (Learner Centric).
Presentasi
Power Point adalah bentuk yang paling sederhana dan paling mudah dan paling
praktis sehingga paling banyak dipergunakan oleh kebanyakan pembicara, baik
pembicara seminar, workshop, dan juga guru di kelas. Hendaknya, setiap guru
paling tidak mempunyai kemampuan untuk membuat materi ajar dalam bentuk
presentasi Power Point. Meskipun paling sederhana, Power Point memberikan
fasilitas yang cukup hebat untuk membuat media ajar.
Fitur
powerpoint juga di lengkapi dengan fasilitas penggunaan Foto, Vidio, Audio,
Animasi teks dan tombol interaktif yang dapat memberikan efek interaksi antara
penyaji dan peserta didik, sehingga mempermudah guru dalam proses belajar
mengajar.
1.Proses
produksi
Preses
produksi Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office
Powerpoint antara lain :
a.Menyiapkan
bahan ajar/materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai,
sehingga media ini nantinya dapan di gunakan secara efektif dalam proses
belajar mengajar.
b.Menyiapkan
bahan pendukung, seperti Gambar/ foto, Video, Musik dan tombol-tombol interaksi
yang dapat membuat pembelajaran lebih menyenangkan.
c.Tahap
terakhir adalah pembuatan media dengan menggunakan Microsoft Powerpoint dengan
menggunakan fitur-fitur yang menarik dan interaktif.
2.Penggunaan
dalam proses belajar mengajar
Penggunaan
Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint dalam
proses belajar mengajar menggunakan beberapa metode yang di rasa cocok dengan
karakter media ini, yaitu Ceramah plus dan demonstrasi. Penarepan media
berbasis IT ini dapat di lakukan dengan cara sebagai berikut :
a.Diterapkan
secara offline
Penerapan
Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint
secara offline bisa dilakukan dengan menggunakan LCD dengan ketentuan sekolah
memiliki perangkat seperti LCD Proyektor dan PC/Notebook.
b.Diterapan
secara online
Penerapan
Media Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint
secara online bisa dilakukan dengan memberikan link pada web/ blog yang
dimiliki olah guru. Sisa bisa membuka dan mendownload media tersebut.
3.Manfaat
Media
Pembelajaran Kreatif dengan Menggunakan Microsoft Office Powerpoint dapat
memberikan manfaat sebagai berikut :
a.Menumbuhkan
kreatifitas guru dan siswa
b.Pembelajaran
dapat berjalan dengan efektif dan ekonomis karena bisa dibuat dan di kembangkan
sendiri oleh guru.
c.Bagi
siswa bisa meningkatkan motivasi dalam menangkap/ menyerap materi pelajaran.
MATERI POKOK :BUKU DIGITAL
Pengertian
Buku Digital
Buku
digital atau buku elektronik, disingkat e-book, atau ebook, adalah bentuk
digital dari buku cetak. Buku cetak pada umumnya terdiri atas setumpuk kertas
dijilid yang berisi teks atau teks dan atau gambar, maka buku elektronik
berisikan informasi digital yang dapat berisi teks, gambar, audio, video, yang
dapat dibaca di komputer, laptop, tablet, atau smartphone.
Fungsi
dan Tujuan Buku Digital
a. Fungsi
1) Sebagai salah satu alternatif media
belajar.
Berbeda
dengan buku cetak, buku digital dapat memuat konten multimedia di dalamnya
sehingga dapat menyajikan bahan ajar yang lebih menarik dan membuat pembelajaran
menjadi lebih menyenangkan.
2) Sebagai media berbagi informasi.
Buku
digital dapat disebarluaskan dengan lebih mudah dibandingkan dengan buku cetak,
baik melalui media seperti website, kelas maya, email dan media digital yang
lain. Seseorang dengan mudah dapat menjadi pengarang serta penerbit dari buku
yang dibuat sendiri.
b. Tujuan
Ada
beberapa tujuan pengembangan buku digital:
1) Memberikan kesempatan bagi pembuat konten
untuk berbagi informasi dengan lebih mudah, dengan cara yang lebih menarik dan
interaktif. Dengan membuat konten dalam bentuk digital, pengarang tidak perlu
mendatangi penerbit untuk menerbitkan bukunya, cukup mendatangi salah satu
situs penerbit digital dan memberikan bukunya secara mandiri.
2) Melindungi informasi yang disampaikan.
Berbeda
dengan buku fisik yang dapat rusak, basah maupun hilang, buku digital berupa
data di komputer terlindungi dari masalah-masalah tersebut. Walaupun data
tersebut hilang, pengguna dapat dengan mudah mencari penggantinya baik dari
internet maupun meminta kembali pada pembuat buku.
3) Mempermudah proses memahami materi ajar.
Dalam
perangkat lunak buku digital, Anda dapat memberikan catatan tertentu pada
materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi, file multimedia yang
dapat langsung dimainkan untuk memperkaya konten buku sehingga membantu
memahami materi ajar dengan lebih baik dan cepat.
Jenis
Format Buku Digital
Berikut
beberapa format yang tersedia untuk buku dalam format digital
• MOBI – Format MobiPocket, ditampilkan
menggunakan perangkat lunak membaca sendiri. MobiPocket tersedia pada hampir
semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows dapat
mengkonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file ke format ini. Kindle
menampilkan format mobipocket juga.
• PDF - Portable Document Format yang
diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka. Format ini secara tidak
langsung merupakan format yang digunakan untuk pertukaran dokumen.
• HTML - Hyper Text Markup Language adalah
tulang punggung dari World Wide Web. Banyak teks yang didistribusikan dalam
format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style
Sheets (CSS) yang pada dasarnya gaya utama panduan untuk halaman HTML.
Pemformatan
Buku Digital
Aplikasi
yang digunakan untuk menyusun buku digital dengan format ePub adalah:
• aplikasi pengolah kata yaitu Libre
Office atau MS Office;
• aplikasi pengolah gambar yaitu GIMP
atau Adobe Photoshop;
• aplikasi audio editor yaitu
Audacity/format factory;
• aplikasi video editor yaitu
Avidemux/format factory;
• aplikasi ePub editor yaitu Sigil.
Aplikasi
Alat Baca Buku Digital
a. Komputer/laptop
b. Tablet dan Smartphone
c. Telepon Seluler
Sebelum
diformat, bahan ajar dalam bentuk dokumen harus terlebihdahulu disesuaikan
formatnya dengan cara melakukan beberapa pengaturan
a.
Mengatur Gambar
Gambar
perlu diatur sehingga tampil dengan baik. Format gambar sebaiknya dalam tipe
JPEG
b.
Mengatur Audio
Format
file audio yang dapat digunakan untuk buku digital adalah mp3 ,wav, ogg.
Untuk
mengubah format file selain mp3 menjadi format mp3 dapat menggunakan perangkat
lunak formatfactory
c.
Mengatur Video. Format video yang didukung adalah mp4
Nama-Nama
Penerbit Buku Digital
Toko
buku daring yang dapat digunakan untuk mengunggah buku digital
a.
nulis buku : http://nulisbuku.com
b.
qbaca : http://qbaca.com
c.
samarket : http://seamarket.seamolec.org.